Kode Iklan atau kode lainnya

header ads

Senkom Kota Yogyakarta Mengikuti Pembinaan Ormas

Senin (22/3/21) Badan Kesehatan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kota Yogyakarta menyelenggarakan pembinaan kepada organisasi masyarakat (ormas) di lingkungan tersebut. Acara berlangsung di Hotel Abadi Malioboro, Jl. Pasar Kembang no. 49, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta.

Acara ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari anggota Sentral Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kota Yogyakarta, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Yogyakarta dan undangan lainnya.  Tema yang diambil adalah "Organisasi Masyarakat dan Kerja Kemanusiaan".  Widiastuti,  S.S, M.Hum, selaku moderator menyampaikan bahwa salah satu tujuan acara ini untuk meningkatkan kapasitas ormas, agar para peserta tanggap terhadap keadaan lingkungan di sekitarnya.

Budi Santoso, S, STP, M.Si Kepala Kesbangpol Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa segala aktivitas ormas agar memberikan laporan terhadap kegiatan yang dilakukan. Hal ini bertujuan mengidentifikasi bidang tugas yang dilakukan ormas yang nantinya akan digunakan untuk sinergitas dengan pemerintah. 

Kepala Bidang Pengamat Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) D I Yogyakarta, Danang Samsurizal menyampaikan bahwa setiap orang berkewajiban untuk melakukan penanggulangan bencana. Lebih lanjut disampaikan bahwa "Saat menghadapi bencana, ada 3 tindakan yang harus dilakukan, antara lain : mengelola resiko bencana, kolaborasi pentaholix dan adaptasi revolusi industri", tuturnya.

Narasumber lain dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Yogyakarta, Kang Subhi menegaskan bahwa hampir semua bencana alam karena kelakuan manusia. 

Pada kesempatan ini, Dwi Sukamto, Ketua Senkom Mitra Polri Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa pada dasarnya menjaga keamanan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Dwi Sukamto juga memaparkan berbagai kegiatan Senkom Mitra Polri yang dilakukan selama ini, sebagai ujud dukungannya terhadap pemerintah, nulay dati tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Antara lain bekerjasama dengan BNNP, BPBD, Kemenhub, Kemendagri, Kemenhan, DPR/MPR, Basarnas dan Kemenkominfo.

Sebagai ujud keseriusan dukungan Senkom Mitra Polri terhadap pemerintah, secara simbolis pada akhir acara, Dwi Sukamto menyerahkan MoU kepada Budi Santoso, Kepala Kesbangpol Kota Yogyakarta.

Posting Komentar

0 Komentar